Berita Penemuan Arab Melayu di Riau TV


Berita Penemuan Arab Melayu di Riau TV

Mengenang kembali berita yang sempat ditayangkan Riau Televisi pada April 2007 lalu. Upaya ini dilakukan oleh Muhammad Arif dan Jelprison melalui jasa sahabat kami Al-Syukri (Reporter) dan Sariandi (Kameramen). Pagi Ahad itu Al-Syukri dan Sariandi datang ke rumah meminta kesediaan diliput tentang penemuan program menulis Arab Melayu dengan menggunakan komputer. Kebetulan pada hari yang sama, ada berita satu halaman penuh di Riau Pos (tengkiu bang Saidul) tentang Arab Melayu Digital. Kalau pucuk dicinta ulam pun tiba, tak siapa pun yang mau nolak. Alhamdulillah.

Kami baru bisa memastikan program ini bisa dijalankan, lolos uji, dan layak dipakai masyarakat umum pada 16 Juni 2006. Memang penemuan ini agak telat kami sampaikan kepada masyarakat umum. Karena secara rutin kami terus mengadakan penyempurnaan dan pengayaan. Intinya, bagaimana mengupayakan agar cara kerjanya lebih mudah dan sangat familiar dengan masyarakat Indonesia dan pengguna huruf latin. Jenis hurufnya pun lebih beragam dan bisa di-lay out seperti yang diinginkan.

Selama ini pemakaian tulisan Arab Melayu selalu terkendala pada sistem komputerisasi. Rata-rata, masyarakat menulis Arab Melayu dengan menggunakan tangan atau sistem lainnya yang lebih rumit. Keinginan besar untuk menggunakan tulisan Arab Melayu sebenarnya tidak berbanding lurus dengan perangkat yang ada. Selain itu, pengetahuan terhadap kaidah tulisan Arab Melayu juga masih rendah. Sehingga yang terlihat kemudian adalah banyaknya tulisan yang salah kaprah dan membuat “sakit mata” bagi orang yang memandangnya.

Kami sangat berharap program yang ditemukan anak jati Riau ini bisa diperhatikan dan dikembangkan. Kami tidak akan jual mahal program ini, malahan kami sediakan layanan download gratis. Asalkan program ini bisa berguna bagi orang banyak, sudah sangat cukup bagi kami.

Videonya dapat dilihat di bawah ini:






Sekilas Arab Melayu Digital

Arab Melayu Digital adalah sebuah program pemetaan keyboard untuk penulisan huruf Arab dan Arab Melayu (Jawi) di komputer berbasis Microsoft Windows yang telah lulus uji oleh berbagai ahli teknologi komputer serta budayawan Melayu di Riau dan Kepulauan Riau.

Program temuan putera jati Riau ini telah mendapat apresiasi dan penghargaan luar biasa dari berbagai pihak. Arab Melayu Digital juga telah mendapat Anugerah Sagang untuk kategori Karya Penelitian Budaya Pilihan Sagang tahun 2007.

Seiring berjalannya masa, teknologi pun makin berkembang cepat dan pesat. Arab Melayu Digital pun selalu melakukan inovasi dan perbaikan yang berarti, sesuai dengan perangkat komputer yang beredar di masyarakat saat ini.

Pada awal Desember 2010, Arab Melayu Digital update ketiga telah berhasil dirampungkan. Hal ini disebabkan oleh keberadaan Windows 7 dan kemunculan Office 2007 serta Office 2010; yang kinerjanya perlu disesuaikan; agar Arab Melayu Digital dapat berjalan dengan lancar.


Apakah Masih Kompetibel di Tahun 2020?

Silahkan lihat video di bawah ini:





Unduh (Download)

Bagi yang memerlukan Arab Melayu Digital, silahkan mengambilnya dengan mendownload (mengunduh) berkas di bawah ini:

Unduh Arab Melayu Digital


Dimohon untuk tidak membuat duplikasi tautan unduh (download) ini, agar masyarakat tidak kebingungan mencari dan/atau menghubungi pembuat program.


Selamat berkarya.

Apabila tulisan ini bermanfaat, silahkan berbagi (share) kepada yang lain!

Posting Komentar

0 Komentar