Buku Pendidikan Muatan Lokal Budaya Melayu Riau

Buku Pendidikan Muatan Lokal Budaya Melayu Riau

Riau merupakan sebuah kawasan yang subur tempat tumbuh dan berkembangnya kebudayaan Melayu. Keputusan politik tentang visi Riau 2020, yaitu mewujudkan Riau sebagai pusat ekonomi dan kebudayaan Melayu di Asia Tenggara menjadi semacam penegasan dan ikhtiar masyarakat Riau untuk meneruskan perjalanan mencapai puncak kebudayaan yang anggun dan ranggi itu. Keputusan ini membawa sejumlah konsekuensi wujudnya sejumlah kebijakan, program strategis, dan kegiatan memajukan pendidikan dari berbagai tingkatan. Usaha strategis itu antara lain adalah menyusun kurikulum dan buku serta bahan ajar muatan lokal tentang budaya Melayu Riau.

Buku ini merupakan sumber bahan ajar yang nantinya akan dikembangkan untuk menyusun buku pegangan guru dan buku siswa dari berbagai tingkatan sekolah yang lebih teknis dan aplikatif. Buku ini mengikuti kurikulum muatan lokal yang sudah disusun sebelumnya dan merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013.

Buku ini diharapkan memenuhi keinginan pokok berkaitan dengan pencapaian visi Riau 2020 di bidang kebudayaan itu, yakni:
  1. Dapat memberikan wawasan yang luas pada peserta didik tentang kekhususan yang ada di lingkungannya untuk menunjang peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan pada akhirnya diarahkan untuk meningkatkan kemampuan daya saing peserta didik.
  2. Diharapkan buku ini dapat diterapkan pada Muatan Lokal dan dilanjutkan dengan penyusunan buku pegangan guru dan siswa.
  3. Materi buku ini menjadi kumpulan tentang kekayaan khazanah budaya Melayu di Riau.
  4. Buku ini dapat memberi pemahaman awal yang bersifat umum tentang wujud budaya Melayu di Riau, lingkungan, tempat budaya itu bertapak dan berkembang, serta pelaku-pelaku (baik individu maupun komunitas) yang memangkunya dari zaman ke zaman.
  5. Arus perubahan sering tak dapat diramal dari mana datangnya, dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kehidupan atau kematian sebuah tradisi.


Dalam konteks ini, buku ini setidaknya menjadi rekaman tekstual yang mendokumentasikan kosabudaya: yang masih bertahan hidup dan kehidupannya masih terlacak. Usaha ini menjadi bahan yang diharapkan berharga bagi pengetahuan masa depan tentang apa-apa yang dipandang penting di zaman kita ini.

Untuk keperluan pendidikan yang lebih luas lagi, buku ini tidak hanya tersedia dalam versi cetak. Selain jangkauan yang terbatas, juga daya pinta masyarakat terhadap fisik buku cetakan juga Mulai berkurang. Maka dari itu tim penyusun juga menyediakan buku BMR dalam format PDF agar dapat diunduh dan dicetak secara mandiri. Silahkan klik tautan di bawah ini untuk memilih versi cetak dan/atau PDF.


Pesan Buku Cetak



Unduh Buku PDF




Sumber Daya dalam Penyusunan
Buku Pendidikan Budaya Melayu Riau
Buku Sumber Pegangan Guru

Hak Cipta Dilindungi Undang-undang
Copyright @ 2018
ISBN: 978-979-18993-8-3

Penanggungjawab
Datuk Seri H. Al azhar
Datuk Seri Syahril Abubakar

Penyusun
Ketua:
H. Taufik Ikram Jamil

Anggota:
Elmustian Rahman
M. Nasir Penyalai
Khaidir Akmalmas
Mosthamir Thalib
Derichard H. Putra
Syaiful Anuar
Yahya Anak Rainin
Ikhsan

Penyunting
Datuk Seri H. Al azhar
H. Taufik Ikram Jamil

Cover dan Tata Letak
Derichard H. Putra
Adriansyah

Posting Komentar

0 Komentar