Buku Pegangan Guru Mulok BMR Versi PDF

Buku Pegangan Guru Mulok BMR Versi PDF

Buku ini diterbitkan sebagai buku pegangan bagi para guru yang diberikan amanah mengajar tentang budaya Melayu Riau di setiap jenjang pendidikan, terutama di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah dengan tujuan agar budaya Melayu Riau tetap dikenal dan menjadi dasar sendi-sendi kehidupan di tengah-tengah masyarakat; khususnya bagi setiap generasi di negeri Lancang Kuning tercinta ini. Merupakan harapan kita semua bahwa budaya Melayu Riau benar-benar menjadi semangat yang hidup dan merasuk ke dalam hati sanubari seluruh lapisan masyarakat, bukan sekedar simbol yang kosong dan semboyan pemanis ucap belaka tanpa makna.

Nilai-nilai yang terkandung dalam buku ini hendaknya menjadi penyaring yang mendasar dan kuat terhadap masuknya pengaruh budaya asing, terutama yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya Melayu Riau. Sebaliknya harus diakui bahwa sesungguhnya kita tak mungkin menutup mata terhadap perkembangan budaya, karena memang budaya itu bukan hal yang kaku ataupun beku, tetapi sangat dinamis.

Penyusunan dan penerbitan buku ini bukanlah pemikiran yang latah atau ikut-ikutan semata karena daerah lain telah melakukan hal yang sama, melainkan berupa ide dan pemikiran cerdas dan bernas yang patut kita apresiasi sebagai bentuk dukungan nyata terhadap tekad dan komitmen pemerintah dan masyarakat Provinsi Riau mewujudkan Visi Riau 2020 untuk menjadikan Provinsi Riau sebagai Pusat Kebudayaan Melayu di bentangan Asia Tenggara.

Padat tembaga harus dituang
Untuk menjadi cendera hati
Adat budaya harus dijulang
Untuk menjadi perisai negeri

Allahuyarham Tenas Effendy dalam buku “Tunjuk Ajar Melayu” berpesan:

Menuntut pada yang patut
Mengaji ilmu pada yang terpuji
Belajar pada yang benar
Mencontoh pada yang senonoh
Memakai pada yang sesuai

Ungkapan tersebut mengandung makna bahwa ekspresi budaya Melayu Riau bukan sekedar pelengkap mata pelajaran di dalam kelas semata, tetapi lebih dari pada itu harus terlihat nyata dalam seluruh aspek kehidupan. Bapak dan ibu guru tidak hanya dituntut faham dan memberikan pelajaran kepada anak didiknya tentang budaya Melayu yang terkandung dalam buku ini tercapai, namun juga harus mampu memberikan contoh dan keteladanan dari nilai-nilai budaya Melayu itu sendiri.





Bila ingin mengunduh Bab Pendahuluan Buku Pegangan Guru Mulok BMR Versi PDF, silahkan klik tombol di bawah ini:

Unduh Pendahuluan PDF



Bila ingin memiliki Buku Pegangan Guru Mulok BMR versi cetak, silahkan pesan melalui klik tombol di bawah ini:

Pesan Buku Cetak




Silahkan buka dan unduh bab lainnya di bawah ini:

***

Posting Komentar

0 Komentar