Perangkat Mulok BMR SD dan SMP Sederajat


Perangkat Pembelajaran adalah bahan utama bagi guru sebelum melakukan Praktik Belajar Mengajar (PBM) di dalam kelas. Selain itu, Perangkat Pembelajaran adalah syarat administrasi untuk keperluan akreditasi sekolah.
Dalam tulisan ini, kami akan memandu Tuan-Puan bagaimana cara mengisi Aplikasi Silabus, RPP dan perangkat lainnya. Aplikasi dari Penerbit Gahara ini tersedia untuk Mapel Mulok BMR tingkat SD, SMP dan yang sederajat. Sedangkan untuk SMA sederajat, silahkan klik disini.

Mengenal Aplikasi Gahara

Perangkat Pembelajaran Gahara dimaksudkan untuk membantu tugas administrasi guru, hingga lebih dari 70 persen. Perangkat ini disusun berdasarkan struktur Kurikulum 2013 Revisi; dengan muatan materi berpedoman pada Kurikulum Mulok BMR yang berlaku.
Maka jika Tuan-Puan mendapati buku BMR yang disusun berdasarkan Kurikulum terbaru – yang notabene belum disahkan dan berlaku – usah tanyakan Perangkat Pembelajaran-nya kepada kami. Karena Penerbit Gahara belum akan menyediakan perangkatnya, sampai adanya keputusan resmi; bahwa Kurikulum baru tersebut dinyatakan sah dan berlaku; oleh pihak yang berwenang.
Adapun Perangkat Pembelajaran Mulok BMR dari Penerbit Gahara ini dibuat dalam bentuk aplikasi; untuk memudahkan guru dalam menuntaskan tugas administrasi sekolah.
Aplikasi ini dibuat dalam format Microsoft Excell. Menggunakan rumus-rumus sederhana; dengan hasil yang sangat berdaya guna. Tuan-Puan tidak perlu mengedit apapun. Tuan-Puan juga tidak perlu password apapun. Melainkan, cukup hanya dengan mengisi data yang diminta pada halaman menu utama. Selanjutnya, biarkan Aplikasi Gahara ini yang ‘menuntaskan’-nya secara otomatis.

Fitur Aplikasi Gahara

Aplikasi Gahara ini terdiri dari (1) Silabus, (2) Program Tahunan, (3) Program Semester, (4) Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan (5) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Tampilan menu utama pada Aplikasi Gahara merupakan pusat data yang harus diisi. Kotak warna kuning adalah borang pilihan, sedangkan yang putih borang isian. Data yang Tuan-Puan isi secara otomatis akan dimuat ke dalam dokumen Pembelajaran, yang mencakup nama sekolah, kepala sekolah, guru, bahkan sampai pada materi khas daerah masing-masing.
Setelah usai mengisi semua borang isian, artinya sebanyak 50 persen tugas administrasi pembelajaran, telah selesai. Tinggal sedikit langkah lagi, yaitu, bagaimana cara mencetak lembaran ini menjadi dokumen Perangkat Pembelajaran.

Mengunduh (Download)

Untuk mendapatkan Aplikasi ini, silahkan hubungi Penerbit Gahara untuk memperoleh CD nya. Namun bila ingin mengunduh (download), silahkan klik tautan unduh di bawah ini.

UNDUH PERANGKAT SD

Perangkat SD/MI 



UNDUH PERANGKAT SMP


Yang selalu jadi masalah, kadang kita tidak tahu dimana letak berkas yang telah diunduh tadi tersimpan. Jika hal ini terjadi juga dengan Tuan-Puan, jangan pernah ragu untuk bertanya kepada yang lebih faham. Jangan paksa diri dan menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan segala sesuatunya sendiri, karena hal-hal teknis selalunya menemui jalan buntu.


Cara Menggunakan Aplikasi Gahara

Sebelum menggunakan Aplikasi ini, mohon diingat, bahwa Tuan-Puan ‘hanya’ perlu mengisi datanya saja. Tidak perlu mengedit apapun dan tidak perlu juga password apapun.
Untuk panduan lengkap bagaimana cara menggunakan Aplikasi ini, silahkan pantau video di bawah ini lebih lanjut.

Jika ada keraguan atau kendala dalam memahami keterangan dalam video, jangan pernah sungkan untuk bertanya kepada rekan-rekan guru atau pun operator sekolah.
Demikian. Selesai sudah topik bahasan kita untuk kali ini. Jika tulisan ini dirasa ada manfaat, beri tanda jempol dan tinggalkan komentar. Sebarkan tautan tulisan ini kepada rekan guru yang lain.
Jangan lupa untuk ‘subcribe’ YouTube Gahara, agar semakin giat menambah konten terbaru untuk materi Pembelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau.
Gahara, jelas lebih baik.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Selamat pagi pak. Izin bertanya mengapa untuk edit kota menjadi kota Duri tidak bisa ya ? Apakah yang tersedia di situ saja pilihannya?
    Dan bagaimana bila ngeprint kertasnya ada yang tidak sesuai pak?
    Mohon direspon ya pak 🙏🏻

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum.
    Maaf kenapa aplikasi nya gak bisa di edit??

    BalasHapus

Silahkan tulis kritik, saran dan komentar Anda